Reza Bloger mencoba untuk terjun ke dunia maya dengan memberikan berbagai informasi hasil perjalanan tentang kecintaan terhadap alam dan semoga berguna bagi para blogers khususya para pencinta Alam (Natural Arts). Reza Bloger memberikan hanya sebatas informasi dengan maksud untuk mengajak melestarikan alam bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai dan dalam pengambilan gambar yang ada di Reza Bloger menggunakan kamera LG KG300 (kebetulan My Hp). Reza Bloger juga mengucapkan terima kasih kepada para Blogers yang sudah membantu dengan memberikan saran dan kesan yang berguna dalam membuat reza blog terlihat menarik untuk dinikmati bagi kita semua pencinta dunia Alam Semesta dan Para Pelestari Alam Jagad Raya.
Cintailah Alam ini dengan hati yang tulus dan ikhlas karena Alam dapat memberikan segalanya yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup Umat Manusia dan perubahan besar berawal dari yang kecil.
"Jagalah Kelestarian ALAM"

Rabu, November 12, 2008

Kampung Naga, Daerah Tradisional, Daerah Wisata di Jawa Barat


Kampung Naga terletak hanya 500 meter dari jalan raya Tasikmalaya dengan Garut. Untuk menuju ke area perkampungan kampung naga diperlukan tenaga ekstra untuk menuri anak tangga kurang lebih 350 buah. Konon anak tangga yang berjumlah kurang lebih 350 buah itu mempunyai mistik yaitu setiap para pengunjung menghitung anak tangga tidak pernah sama atau bahkan bisa lebih dan kurang dari 350 buah. Area Kampung Naga sarat memiliki adat istiadat yang sangat kental dan mistik masih dipertahankan guna kelangsungan kehidupan warga kampung naga itu sendiri. Sistem rantai yang terus mengalir dan sangat menyatu dengan alam membuah kehidupan mereka berbeda dan mempunyai nilai lebih. Suasana pedesaan yang kental terasa di area ini karena mereka tidak menggunakan aliran lisrik. Kehidupan mereka sangat sederhana dengan strata sosial yang tidak membeda-bedakan golongan. Kampung Naga dipimpin oleh seorang pemimpin yang bertugas mengatur adat istiadat dan peraturan-peratuaran guna menjaga stabilitas kampung naga dan demi kelangsungan kehidupan mereka di kemudian hari. Agama yang dianut oleh warga kampung naga adalah semua beragama Islam tetapi dan sarat dengan ritual ritual agama.


Kehidupan yang mereka jalani sehari-hari sangat tergantung dengan alam oleh karena itu warga Kampung Naga sangat menjaga kelestarian alam yang mereka jadikan sebagai tumpuan. Mereka menata derainase perkampungan dengan sistem life cycle (daur ulang). Perputaran roda kehidupan yang unik dan dan saling ketergantungan yang menguntungkan membuat warga kampung naga selalu mendapatkan kesejahteraan dan kemakmuran. Suasana yang sejuk selalu menyelimuti area perkampungan kampung naga dengan udara yang selalu segar keindahan tatanan area perkampunga membuat Kampung Naga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Keindahan alam yang bersimbiosis mutualisme dan suasana yang sangat kental akan daerah pedesaan menjadikan kampung Naga menjadi Objek wisata di jawa barat. Alam memberikan kita banyak pelajaran yang sangat berarti, gunakanlah alam ini dengan sebaik-baiknya dan lestarikan serta jagalah keseimbanga kelestariannya

Tidak ada komentar: